Caleg Stres, RSJ Siap Tampung

18/04/2009 at 9:17 am Tinggalkan komentar

stress1“Diduga Jantungan karena Suara Minim, Caleg Hanura Meninggal. Ni Putu Lilik Heliawati (45), caleg nomor tiga Partai Hanura untuk DPRD Buleleng, meninggal dunia secara mendadak di rumahnya Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng. Musibah terjadi Kamis (9/4) malam sekitar pukul 23.30 Wita itu. Heliawati diduga meninggal akibat serangan jantung setelah menerima telepon dari tim suksesnya bahwa perolehan suara yang bersangkutan tidak memenuhi harapan. Wanita asal Desa Bengkel, Busungbiu, itu mengembuskan napas dalam perawatan intensif di UGD RS Wijaya Kusuma, Seririt, Kabupaten Buleleng. Pemilu legislatif di Pulau Dewata kali ini diikuti total 5.065 calon anggota legislatif dari 36 partai politik dengan memperebutkan 390 kursi di DPRD tingkat kabupaten dan provinsi. Dengan demikian, ada 4.675 caleg yang gagal memperebutkan kursi dewan. Prof Dr Luh Ketut Suryani, psikiater kenamaan, memprediksi, sebagian caleg yang gagal meraih kursi di DPRD akan mengalami stres karena telah mengeluarkan uang cukup besar. (http://regional.kompas.com/read/xml/2009/04/11/11353570/)”

Seminggu yang lalu Pemilu Legislatif sudah berlangsung. Boleh dibilang pemilu 2009 ini berjalan aman, meskipun tidak bisa dikatakan sukses. Namun sisa-sisa dan bau pemilu masih tercium. Anda mungkin sudah tahu, ada banyak aroma yang tersebar yang keluar dari para caleg kita, mulai aroma wangi (hanya sedikiiit sekali), hambar, dan paling buwaanyak ya aroma busuk. Bagi para caleg yang mendapatkan suara banyak dan mencukupi pada saat pencontrengan tentunya akan lolos menjadi anggota legislatif. Tentu ini tidak akan berpengaruh kepada si caleg. Namun bagi caleg yang tidak cukup suaranya tentunya sangat besar pengaruhnya bagi dia. Berbagai macam tingkah polah muli diperagakan oleh para acaleg pasca pemilu ini, adaaa saja tingkahnya. Satu persatu para caleg kita mulai terbuka bungkusnya sehingga nampak jelas wujud aslinya.

Di sebuah daerah, ada seorang caleg yang meminta kembali apa yang pernah ia berikan kepada para ”pendukungnya” karena ia tidak terpilih. Ada juga yang marah-marah kepada masyarakat yang telah ”berhutang budi” kepadanya karena tidak memberikan suaranya. Bahkan ada yang sampai meninggal dunia karena serangan jantung (baca kutipan beritanya).

Banyak sudah biaya yang mereka keluarkan untuk meraih kedudukan bergengsi ini. Yang jelas mereka sudah sudah banyak mengeluarkan ongkos, bahkan ada yang sudah menjual aset; rumah, mobil, dan lain-lain, pokoknya sudah habis-habisan dech. Perasaan tidak menentu, gagal kemudian malu dengan rekan-rekan dan tetangga menggelayuti benak mereka. Mereka terlalu percaya diri dan tidak pernah berpikir apa yang mungkin terjadi nanti. Ketidakmampuan para caleg untuk menghadapi kenyataan mengakibatkan mereka mengalami depresi, stress, dan harus memerlukan penanganan yang serius agar kejadian yang lebih parah tidak terjadi. Dalam hal ini pemerintah sudah melakukan persiapan-persiapan menghadapi kemungkinan yang terjadi. Jauh-jauh hari pihak rumah sakit jiwa sudah meramalkan fenomena ini bakal terjadi. Sebagai antisipasi, hampir setiap rumah sakit jiwa menyediakan kamar khusus untuk para caleg yang gagal dalam pemilu legislatif 2009.

Makanya jika Anda ingin menjadi caleg untuk pemilu yang akan datang, ada beberapa tips agar terhindar dari stress, depresi bahkan gila, diantaranya adalah:

= Tahu diri, apakah Anda sudah memetakan berapa banyak masyarakat yang nyata akan mendukung Anda nanti. Di samping itu tidak kalah pentingnya adalah Anda harus memiliki jiwa kepemimpinan. Sebelum Anda memimpin orang lain anda harus mampu memimpin diri sendiri dan juga keluarga. Jadi perlu berkaca, apabila keluarga dan diri kita hidup dalam keadaan yang kurang harmoni, sudah jelas dimata masyarakat kurang baik dan tentunya masyarakat akan berfikir untuk memilih Anda, akan lebih bijaksana jika tidak usah maju.

= Amanah Salah satu sifat Nabi yang orang lain juga bisa miliki meskipun tidak sempurna. Karena Anda calon wakil rakyat, sangat perlu memiliki sifat ini. Amanah merupakan sebuah tanggung jawab yang dipikulkan kepada seseorang yang kelak harus dimintai keterangan oleh Allah SWT di akhirat.

= Jujur Juga merupakan sifat Nabi yang patut Anda tiru. Jujur kepada diri sendiri, anak, istri, keluarga, tetangga, dan masyarakat yang lebih luas, merupakan modal utama untuk mendapat kepercayaan dari orang lain. Setelah kelak dipercaya masyarakat Anda harus transparan dalam bekerja. Menyampaikan dengan sebenar-benarnya apa yang terjadi. * Ikhlas Jangan berharap orang lain berbuat untuk kita, justru kita yang berbuat untuk mereka, kepentingan yang memihak kepada banyak orang lebih utama tanpa mengaharapkan sesuatu apapun. Cerita di atas menunjukkan para caleg yang hanya memikirkan diri sendiri, jika suatu saat dia menjadi anggota legislatif, yang pertama akan dilakukan adalah bagaimana dia bisa mengembalikan modalnya.

= Sabar dan Tawakkal Apa yang ingin Anda rencanakan dan dapat Anda raih semuanya adalah hak Allah, satu-satunya dzat yang dapat memutuskan kejadian-kejdian yang akan menimpa diri kita. Artinya kita sebagai manusia memiliki hak untuk merencanakan atau mengusahakan sesuatu, namun segala keputusan baik, buruk, gagal atau berhasil, ada di tangan Allah Yang Maha Kuasa, Pemilik Segala Keputusan.

Inilah sedikit cara jitu yang dapat kita praktekkan agar tidak mengalami stres jika kita ingin menjadi calon legislatif, dan kemudian tidak terpilih. Mungkin ada banyak cara lainn yang lebih jitu silahkan cari sendiri. Seandainya sifat-sifat sebagaimana yang telah di uraikan di atas tadi sudah merasuk pada jiwa kita, insyaAllah predikat caleg stress, depresi, dan predikat-predikat lain, tidak akan menghinggapi. Allah lebih tahu ukuran kita, Allah lebih tahu kemampuan kita, dan Allah lebih tahu yang terbaik buat ummat-Nya ya ngaa?.

Iklan

Entry filed under: Dalam Negeri. Tags: , , , .

Jangan Jadikan Anak Anda Vegetarian! Download Software Islami, Gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

April 2009
S S R K J S M
    Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: