Membaca Dapat Merangsang Otak Anak

19/04/2009 at 12:17 pm Tinggalkan komentar

mbacaAyat pertama Al-Qur’an yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad adalah “iqro’”, bacalah. Ini menandakan bahwa Allah SWT menyuruh ummat manusia untuk membaca. Dalam arti luas adalah membaca ayat-ayat yang tertulis dalam Al-Qur’an (qouliyah), memahami dan kemudian menerapkannya, juga mempelajari ayat-ayat yang terhampar di alam ini (kauniyah), memikirkan dan mempelajari fenomena yang terjadi kemudian dianalisis dan dicari pemecahannya dengan logika berpikirnya. Makanya Allah membekali manusia akal pikiran agar dapat memikirkan ciptaan-Nya tersebut dalam rangka mengabdi dan menyembah kepada-Nya. Namun demikian kebanyakan manusia enggan untuk membaca ayat-ayat-Nya baik ayat-ayat qouliyah maupun ayat-ayat kauniyah. Hanya sebagian kecil Ummat Isalm yang mempelajari, paham dan mau melaksanakan ayat-ayat qouliyah. Juga sebagian kecil Ummat Isam mau dan mampu mempelajari ayat-ayat kauniyah secara benar.

Dari uraian di atas jelas bahwa manusia diwajibkan untuk membaca. Dengan membaca manusia akan menguasai ilmu pengetahuan sehingga ia mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya. Bukankah Allah SWT telah menjanjikan kepada manusia dalam Surah Al-Mujadillah ayat 11, “ Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu danorang-orang yang berilmu beberapa derajat.” (Al-Mujadilah: 11).

Lalu mengapa Ummat Islam semakin tertinggal dengan ummat yang lain (orang-orang kafir)? Jawabannya sudah pasti Ummat Islam belum mampu membaca dengan baik. Untuk itu Ummat Islam harus segera bangkit agar dapat mengejar ketertinggalan bahkan mampu untuk melampaui ummat yang lain. Hanya dengan membaca Ummat Islam mampu bangkit mengejar ketertinggalan. Hanya dengan membaca Ummat Islam mampu untuk memimpin dunia. Dan hanya dengan membaca Ummat Islam mampu mengulang kesuksesan sebagaimana yang pernah di raih oleh pendahulu kita.

Usia dini (anak-anak) adalah waktu yang tepat untuk menanamkan akhlak kepada anak termasuk menanamkan kebiasaan untuk membaca, karena pada masa-masa tersebut adalah masa perkembangan otak si anak. Membaca merupakan salah satu upaya terbaik untuk membantu perkembangan otak anak. Beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan pembiasaan membaca sejak masa kanak-kanak adalah sebagai berikut:

1. Membaca merupakan salah satu fungsi tertinggi otak manusia (dari semua makhluk hidup di dunia ini cuma manusia yang bisa membaca).

2. Membaca merupakan salah satu fungsi penting dalam hidup, dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca.

3. Berkat kemajuan dalam penelitian otak, kita tahu bahwa membaca cerita bagi anak mempunyai manfaat intelektual, emosional dan fisik, yang dapat meningkatkan perkembangan anak.

4. Dengan tumbuh dan berkembangnya minat baca pada diri anak, minat belajarnya pun akan menjadi tinggi, sehingga kalau orangtua mampu mengantarkan anaknya menjadi gemar membaca, maka anak akan mampu belajar secara mandiri.

Banyak bukti sudah kita temukan, anak yang memiliki minat yang tinggi terhadap membaca cenderung memiliki prestasi lebih baik. Untuk mencarikan media dan sumber belajar buat anak pun sekarang ini semakin mudah kita dapatkan. Buku-buku pedoman tentang pembelajaraan pada anak usia dini mudah sekali kita temukan di toko-toko buku. Buku-buku tersebut umumnya dirancang agar anak terangsang untuk berfikir melalui permainan yang menarik sehingga mereka menyukai buku, meskipun belum bisa membaca. Dengan ketertarikannya kepada buku otomatis anak akan suka membaca. Buku juga dapat menjadi sumber mainan utama sebagai pengganti televisi. Penelitian yang dilakukan di Baylor College of Medicine menemukan bahwa, anak-anak yang jarang diajak bermain atau dibacakan buku, perkembangan otaknya 20% sampai 30% lebih kecil daripada ukuran normalnya. Dengan demikian jika seandainya anak-anak kita bacakan buku setiap hari, ukuran otaknya akan berkembang normal sehinga anak akan menjadi lebih cerdas, dibandingkan dengan anak yang jarang dibacakan buku. Referensi: Al-Quran, Melanicyber.com, http://www.mylyla.blogspot.com

Iklan

Entry filed under: Pendidikan Anak. Tags: , , , .

Download Gratis 30 Widget 4U Ilmu Allah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

April 2009
S S R K J S M
    Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: