Afrika Selatan Gelar Pemilu

22/04/2009 at 8:45 am Tinggalkan komentar

By Republika

Newsroom Rabu, 22 April 2009 pukul 14:36:00

JOHANNESBURG — Partai berkuasa Afrika Selatan, African National Congress (ANC), akan menghadapi tantangan berat dalam pemilu yang digelar pada Rabu (22/4). Jika kalah bersaing dalam pemilu ini maka ANC tak akan lagi menguasai dua pertiga kursi parlemen.

Pemilu tahun ini dinilai paling kompetitif sejak berakhir apherteid pada 1994. Partai berkuasa dalam pemilu kali ini selain akan bertarung dengan partai oposisi lama, Democratic Alliance (DA) juga bersaing dengan Congress of the People (Cope), pecahan ANC.

Cope terbentuk tahun lalu sebagai akibat perpecahan internal yang melanda ANC. Namun pemimpin ANC tak merasa khawatir dengan kehadiran Cope ini. ”Munculnya partai oposisi Cope, menambah kekuatan ANC,” kata Jacob Zuma, pemimpin ANC.

Selain itu, Zuma yang diusung ANC untuk menjadi presiden lebih populer dibandingkan calon Cope, mantan uskup Mvume Dandala. Sejumlah pengamat mengatakan saat pertama kali berdiri, Cope memang populer nmun kemudian pamornya meredup. Persaingan sebenarnya, jelas para pengamat, adalah antara DA dengan Cope. Baik DA maupun Cope diperkirakan akan mampu mendulang banyak suara dari mereka yang kecewa karena pemerintahan sekarang sarat korupsi dan masalah kemiskinan belum bisa teratasi.

Zuma sendiri sebelumnya didakwa melakukan korupsi terkait pembelian senjata oleh pemerintah. Namun beberapa minggu menjelang pemilu dakwaan itu dibatalkan. Ia menolak masih adanya tudingan bahwa ia bersalah. ”Tak ada mendung bahkan kabut di atas kepala saya.

” Pemimpin DA, Helen Zille, menegaskan pihaknya yakin akan mampu mendulang suara signifikan dan membuat ANC tak lagi menguasai dua pertiga kursi di parlemen. Dengan demikian akan ada perubahan bagi Afrika Selatan.

Namun sejumlah pengamat meyakini ANC masih mampu memenangkan pemilu tahun ini. Mereka memperkirakan akan mampu meraih kemenangan sebesar 60 hingga 66 persen. Coper juga diyakini akan mendapatkan suara signifikan terutama dari kelas menengah warga kulit hitam.

Menurut BBC Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyiapkan sebanyak 20 ribu tempat pemungutan suara bagi 23 juta pemilih yang terdaftar. Mereka berharap tingkat partisipasi pemilih akan mencapai 80 persen.Sebanyak 2.000 tentara diturunkan untuk pengamanan. ap/reuters/fer/ism

Entry filed under: Luar Negeri. Tags: , , .

SBY-JK Jatuh Talak Nenek Obama Nyaris Dimurtadkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

April 2009
S S R K J S M
    Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: