KBRI Singapura Antisipasi Terulangnya Kasus David Hartanto

27/04/2009 at 3:40 pm Tinggalkan komentar

JAKARTA–MI: Menyusul tewasnya mahasiswa Indonesia David Hartanto Wijaya di Nanyang Technology University, 2 Maret lalu, Keduataan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura pun mengambil langkah antisipasi agar hal tersebut tidak kembali terulang.

“Kami mengimbau mahasiswa Indonesia di Singapura agar tak segan-segan ke KBRI untuk berbagai masalah yang dihadapinya,” ujar Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI di Singapura Yayan Ganda Hayat Mulyana saat dihubungi mediaindonesia.com Kamis (5/3).

Yayan mengakui peristiwa David sangatlah mengejutkan pihak KBRI. Terlebih lagi sebelumnya belum ada kasus serupa yang terjadi menyangkut sikap mahasiswa Indonesia di Singapura. “Ini merupakan kasus yang pertama kali terjadi,” papar Yayan. Untuk itu Yayan menyatakan bahwa pihak KBRI terus melakukan kerja sama dengan berbagai universitas khususnya NTU termasuk dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Singapura (PPIS). “Kami akan mengembangkan lagi langkah-langkah pembinaan dengan harapan dapat mencegah kejadian serupa terulang kembali,” ujar Yayan. Menurutnya mahasiswa-mahasiswa RI diharapkan memanfaatkan keberadaan KBRI sebagai tempat untuk menyampaikan kesulitan-kesulitan mereka selama hidup di Singapura. Pihak KBRI terbuka untuk segala keluhan dan mencoba membantu mengatasinya, termasuk di masa-masa pembuatan skripsi yang embutuhkan banyak pengorbanan.

“Kami menyadari bahwa menjalani hidup khususnya studi di luar negeri bukanlah sesuatu yang mudah melainkan merupakan sebuah fase yang sangat sulit bagi beberapa orang. Dan karena itulah KBRI membuka pintu lebar-lebar bagi para mahasiswa. Jadikanlah KBRI rumah kedua kalian di Singapura,” imbau Yayan.

Ditanyakan masalah simpang siurnya pemberitaan mengenai tewasnya David, Yayan menyatakan tidak akan berkomentar lebih lanjut sebelum keluarnya hasil penyelidikan kepolisian Singapura. “Memang pemberitaan sangatlah beragam, dan tidak menutup kemungkinan itu masih berdasar asumsi-asumsi dan spekulasi-spekulasi masing-masing media,” ujar Yayan. (*/OL-06)

MediaIndonesia.com

Entry filed under: Luar Negeri. Tags: , .

Kontroversi Kematian David Downloan Konvensi dan Resolusi PBB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

April 2009
S S R K J S M
    Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: