Jumat, Koalisi Besar Dideklarasi

30/04/2009 at 10:02 pm Tinggalkan komentar

By Republika Newsroom

JAKARTA — Sekjen PDIP Pramono Anung Wibowo menyatakan lima partai besar akan mendeklarasikan kesepakatan koalisi mereka, Jumat (1/5) siang. Deklarasi akan dilakukan di markas Partai Hanura.”Ada lima kesepakatan, salah satunya mengenai kerja sama di parlemen,” ujar Pramono, Kamis (30/4) malam, tentang isi deklarasi. Partai selain PDIP yang sudah menyatakan kesediaannya hadir, sebut Pramono, adalah Partai Golkar, Gerindra, Hanura, dan PPP.

Rencananya, imbuh Pramono, PAN juga akan ikut serta, selain beberapa partai yang perkiraan suaranya tidak melampaui ambang parliamentary treshold (PT). Kesepakatan tersebut, ujar Pramono mengedepankan stabilitas dan kuatnya Pemerintahan yang akan terbentuk seusai Pemilu 2009.

Dalam kesempatan itu, Pramono menyatakan suara PDIP yang sementara masih memimpin di rekapitulasi manual KPU tidak akan mengubah arah koalisi. ”Kami konsisten. Apapun yang terjadi dari hasil itu, kami tetap komitmen untuk membangun Pemerintahan yang kuat dan jati diri bangsa,” kata dia. Pemerintahan yang kuat, ujar dia, tetap tidak bisa berjalan sendiri dan butuh kerja sama dari DPR.

Soal calon Presiden, Pramono menegaskan PDIP tetap akan mengusung Megawati Soekarnoputri. ”Capres tetap Ibu Mega. Paasangan akan diumumkan pada saatnya,” kata dia.

Sepanjang Kamis (30/4), pertemuan terus digelar Megawati. Diawali dengan sarapan bersama Ketua Umum PPP Suryadharma Ali, Megawati melanjutkan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto. Kedua pertemuan menegaskan koalisi di parlemen sudah disepakati semua partai. Tetapi koalisi untuk Pemilu Presiden masih terus dalam proses.

Malam harinya, Megawati juga menerima kunjungan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Tapi, Sultan tak bersedia menyatakan apapun. Sementara pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla tidak jadi dilakukan di kediaman Megawati di Jl Teuku Umar 27 Jakarta Pusat. Meski demikian Pramono mengatakan Kamis (30/4) malam masih ada pertemuan tertutup. Megawati dan rombongan meninggalkan kediamannya sekitar pukul 20.30 WIB.

Sebelumnya, agenda pertemuan dengan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto juga urung dilakukan di Jl Teuku Umar, Rabu (29/4). Sempat dikabarkan batal, ternyata pertemuan itu digelar di kediaman pribadi Megawati di kawasan Kebagusan Jakarta Selatan, Rabu (29/4) petang. ann/kpo

Entry filed under: Dalam Negeri. Tags: , , , .

Perkawinan Gaek 50 Tahun dengan Bocah 8 Tahun Dibatalkan Gedung Putih: Chrysler Nyatakan Bangkrut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

April 2009
S S R K J S M
    Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: