Perkawinan Gaek 50 Tahun dengan Bocah 8 Tahun Dibatalkan

30/04/2009 at 9:53 pm Tinggalkan komentar

JEDDAH — Perkawinan antara seorang pria berusia 50-an dan bocah perempuan berusia 8 tahun di Saudi telah dibatalkan, kata laporan media. Perkawinan ini menjadi perkara yang mengundang kecaman dari seluruh dunia. Koran Saudi Gazette mengatakan, pembatalan perkawinan ini disepakati dalam penyelesaian di luar pengadilan setelah hakim menolak dua upaya untuk mengajukan cerai untuk bocah tersebut. Kasus ini mendorong aparat Saudi menyatakan akan mulai mengatur pernikahan anak-anak. Kalangan aktivis HAM mengatakan, sebagian keluarga Saudi menikahkan anak perempuan mereka yang masih muda demi uang. Hakim yang pertama kali menyidangkan perkara ini di kota kecil Unaiza menolak menghentikan perkawinan atas permintaan ibu si perempuan, tapi dia menyatakan, mempelai pria tidak boleh berhubungan seks dengan gadis tersebut sebelum si bocah mencapai pubertas.

BBC dalam situsnya mengatakan, ayah perempuan itu dilaporkan menikahkan anaknya dengan seorang teman dekat tanpa persetujuan istrinya sehingga dia bisa melunasi pinjaman. Seorang hakim lain ditunjuk untuk menangani kasus ini. Hakim tersebut menyatakan pembatalan setelah si suami akhirnya melepaskan keyakinan bahwa pernikahan itu syah, kata laporan.

Arab Saudi menerapkan bentuk penafsiran Islam yang melarang pergaulan bebas antar lawan jenis dan memberi ayah hak untuk mengawinkan anak mereka dengan siapa pun yang mereka pandang patut. Para analis Saudi meyoroti bahwa pernikahan itu terjadi di Provinsi Qaseem di bagian tengah Saudi, yang merupakan basis fundamentalisme Islam di Saudi. Awal tahun ini, otoritas keagamaan tertinggi di Saudi, Mufti Agung Syaikh Abdul Aziz al-Shaikh, mengatakan, menikahkan anak yang berusia 15 tahun atau kurang tidaklah bertentangan dengan Islam. Pada 15 April, setelah kasus ini mengundang publikasi negatif luar biasa, Menteri Kehakiman Muhammad Issa mengatakan, dia ingin mengakhiri praktik “sewenang-wenang” oleh orang tua dan wali untuk menikahkan anak perempuan muda mereka. Namun, dia tidak menyatakan, praktik tersebut akan dilarang. – ahi

Entry filed under: Luar Negeri. Tags: .

Flu Babi Dongkrak Harga CPO Jumat, Koalisi Besar Dideklarasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

April 2009
S S R K J S M
    Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: