JK-Wiranto Ijab Kabul ke Pilpres

01/05/2009 at 5:15 pm Tinggalkan komentar

By Republika Newsroom

JAKARTA — Partai Golkar dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendeklarasikan Jusuf Kalla dan Wiranto sebagai pasangan capres dan cawapres untuk Pilpres 2009. Kedua parpol adalah yang pertama menyatakan kesepakatan bersama mencalonkan presiden dan wakil presiden. Pernyataan tersebut dibacakan oleh Sekjen DPP Partai Golkar, Soemarsono, Jumat (1/5), di Posko Pemenangan Pemilu Partai Golkar di Jalan Mangunsarkoro nomor 2, Menteng, Jakarta.

Selain Soemarsono, JK dan Wiranto kemarin didampingi oleh Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar, Surya Paloh, Sekjen Partai Hanura, Yus Usman Sumanegara, dan Ketua Dewan Penasehat Partai Hanura, Bambang Suharto. Dalam sambutannya, Wiranto menyatakan tiga hal yang menjadi alasan untuk menjadi cawapres dari JK.

Yang pertama, kata dia, adalah pertimbangan rasional. “Dulu saya akan dicalonkan jadi capres jika perolehan suara partai lebih dari 10 persen, akan tetapi pada kenyataannya suara Hanura tidak sampai 10 persen,” kata Wiranto.

Akan tetapi, tegas dia, turun kasta tidak menjadi masalah jika konteksnya adalah perjuangan yang tidak berhenti. Kedua, sambung dia, selama ini antara Hanura dan Golkar memiliki hubungan yang dekat. “Keduanya memiliki chemistry yang sama karena basis massa nasionalis religius, sehingga saat bersatu tidak masalah,” kata Wiranto.
Ketiga, tambah Wiranto, adalah pertimbangan kepribadian JK yang dipandangnya sangat menarik. “Beliau ini bukan orang militer tetapi tindakannya seperti militer,” kata Wiranto.

Ia mencontohkan andil JK pada perdamaian di Ambon, Aceh, dan Poso yang menurutnya diselesaikan JK dengan sigap dan cepat. ” Di dalam konteks dunia di era global saat ini kecepatan mengambil keputusan dan berinisiatif sangat diperlukan,” katanya.

Sementara, JK dalam sambutannya mengatakan kunci supaya sukses memimpin bangsa ini ke depan adalah sebuah tim leadership yang kuat serta para pemimpin yang dapat mengatasi masalah dengan kekuatan dan pengalaman-pengalamannya. “Kami adalah kombinasi kami mempunyai kemampuan dan pengalaman yang lama di pemerintahan. Saya sebagai seorang pengusaha tentu tidak boleh ragu-ragu dalam mengambil keputusan. Sama seperti Pak Wiranto yang seorang militer,” katanya.

Ia juga menyatakan dirinya dan Wiranto sama-sama memiliki pengalaman yang panjang baik di pemerintahan maupun karir sebagai pengusaha dan militer. “Pak Wiranto punya pengalaman birokrat yang lama. Sementara karier saya juga tidak ada yang lompat-lompat,” katanya.

Usai deklarasi, Yus Usman Sumanegara, mengatakan koalisi besar di parlemen yang telah dideklarasikan kedua partai (Golkar dan Hanura) dengan enam partai lain tetap akan diteruskan. Ia bahkan berharap jika nantinya pasangan JK-Wiranto ini lolos ke putaran dua koalisi besar itu bisa mendukung pasangan ini. nan/kpo

Entry filed under: Dalam Negeri. Tags: , , .

Antasari Azhar Dicekal Muslim Terima Dampak Terburuk UU Anti-Teror Inggris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: