Muslim Terima Dampak Terburuk UU Anti-Teror Inggris

01/05/2009 at 5:22 pm Tinggalkan komentar

By Republika Newsroom

BERLEBIHAN: Polisi Inggris menghentikan, menggeledah, dan menyisir 117 ribu orang Muslim di bawah undang-undang anti-teror

LONDON ā€” Penggunaan kekuasaan anti-teror tiga kali lipat lebih ketat, membuat Muslim Inggris mendapat bagian terburuk dari taktik pencarian dan penghentian kontroversial yang dilakukan polisi, demikian menurut laporan yang dilansir oleh The Times, Jumat 1 Mei.

“Tindak penyisiran dan pencegahan anti-teror meningkat tiga kali lipat, ini merupakan tanda terjelas jika kekuasaan tersebut disalahgunakan,” ujar Corinna Ferguson, salah satu anggota grup Pembebasan.

Perhitungan oleh Kementrian Keadilan menunjukkan jika polisi menghentikan, menggeledah, dan menyisir 117 ribu orang tahun lalu, naik dari jumlah 41.924 ribu orang pada tahun sebelumnya.

Padahal kurang dari satu persen orang-orang yang dihentikan diberbagai tempat tersebut ditahan.

Polisi menahan 1.271 orang dibawah kekuasaan kontroversial tersebut namun hanya 73 orang yang benar-benar memiliki kaitan dengan serangan teror.

Penghitungan tersebut menunjukkan ada peningkatan 322 % terhadap penghentian dan penggeledahan orang-orang kulit hitam, 277 persen terhadap orang Asia, dan 185 persen terhadap kulit putih.
Dengan demikian Inggris dan Wales menjadi saksi peningkatan secara umum penggunaan kekuasaan penghentian dan penggeledahan orang di sembarang tempat–hingga tahun lalu–sebesar 1.035.438.

“Padahal hanya 6 dari 10 ribu orang yang dihentikan ditahan akibat terorisme, baik didakwa maupun divonis” ujar Corinna.

“Dampak tidak proposional terhadap etnis minoritas menjadi lebih besar ketimbang tahun lalu,” imbuhnya.

Berlebihan

Para politis Inggris mencemaskan penyalahgunaan kekuasaan anti-teror tersebut akan semakin mengisolasi etnis minoritas di negara Eropa.

“Ada resiko nyata dari diskriminasi atau kekuasaan berlebihan terhadap para komunitas yang kita andalkan atas kecerdasanya, yang seharusnya menjadi alat lebih krusial dalam memerangi terorisme,” ujar Chris Huhh, dari Sekretaris Bayangan Demokrat Liberal.

Hal senada juga disampaikan oleh Chris Gryling, anggota pihak oposisi Sekretaris Bayangan. Ia mengutuk penggunaan kekuasaan anti-teror berlebihan. “Orang akan lebih curiga dengan skala penghentian dan penggeledahan akibat undang-undang anti-teror ini,” ujarnya.

“Tindakan semacam itu hanya akan menegaskan lagi pandangan jika kekuasaan anti-teror digunakan semena-mena terhadap hal tidak relevan,” imbuh Gryling.

Bulan lalu, polisi Inggris menahan 12 mahasiswa termasuk 11 pemuda etnis Pakistan atas klaim merencanakan “plot teroris besar’. Namun setelah berminggu-minggu interogasi, polisi melepaskan kembali seluruh mahasiswa tersebut tanpa satu pun tuduhan, sebab tak ada bukti.

Cindy Butts, pemimpin kelompok ras dan keyakinan penuntut informasi terbuka atas Otoritas Polisi Metropolitan, mengatakan statistik baru menunjukkan ketidakproposionalan kekuasaan anti-teror.

“Setiap orang bisa merasakan ada situasi penuh tekanan yang tengah meningkat. Ada atmosfer dimana sejumlah isu berpotensi memberi dampak terhadap grup yang sama di komunitas kami, pemuda kulit hitam dan Asia–orang-orang yang sangat tidak bisa kami hapuskan dari benak polisi, orang-orang yang seharusnya kami butuhkan untuk percaya diri terhadap pihak kepolisian.

Inggris kini menjadi rumah bagi sekitar 2 juta Muslim. Komunitas Muslim dari berbagai etnis, terutama para pemuda mendapat tekanan keras dari polisi anti-teror semenjak kasus bom kereta bawah tanah London yang terjadi 7 Juli 2005 silam./iol/itz/

Iklan

Entry filed under: Luar Negeri. Tags: , .

JK-Wiranto Ijab Kabul ke Pilpres Benitez Inginkan Pembantaian atas Newcastle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: