1 Fase Lagi, Flu Babi jadi Wabah Global

02/05/2009 at 9:08 am Tinggalkan komentar

Anton Suhartono – Okezone

JENEWA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Rabu kemarin, meningkatkan status wabah flu babi menjadi “fase 5”. Ini satu tingkat di bawah level tertinggi pandemic virus yang yang telah menewaskan setidaknya 160 orang itu.

Direktur Jenderal badan PBB itu, Margeret Chan mengatakan, jika dikeluarkan keputusan untuk menaikkan status menjadi “fase 6” atau yang tertinggi, maka seluruh negara harus “secepatnya” mengaktifkan rencana persiapan pandemic sebagai wabah penyakit global.

Fase 6 berarti, “satu komunitas terjangkit virus dalam setidaknya satu negara lain di kawasan yang berbeda.” Artinya jika di luar Amerika Utara terdapat laporan kasus positif dlu babi dan menjangkiti satu komunitas dalam satu negara itu, maka WHO akan menaikkannya menjadi “fase 6”.

“Perubahan status level ini merupakan kesempatan bagi pemerintah, menteri-menteri kesehatan, dan pihak lainnya untuk mempersiapkan segala kebutuhan, termasuk penyediaan obat-obatan,” kata Chan seperti dikutip CNN, Kamis (30/4/2009).
Pengumuman itu dikeluarkan setelah flu yang dikenal dengan H1N1 itu menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. Rabu kemarin, satu balita dilaporkan meninggal di Amerika Serikat. Ini merupakan korban tewas pertama virus flu babi di luar Meksiko.

WHO dan beberapa negara mengonfirmasi terdapat 148 kasus di sembilan negara. Sebagian besar kasusu dilaporkan di Amerika Serikat, di mana Pusat Pengendali Penyakit dan Pencegahan (CDCP) mengumumkan sudah ada 91 kasus di negara itu.

Para peneliti masih menyelidiki bagaimana virus flu babi dapat menyebar dari manusia ke manusia. Dilaporkan hingga saat ini sekira 2.700 orang di seluruh dunia terjangkit dan menjadi suspect flu babi.

Di Meksiko sendiri, pemerintah menutup 35.000 tempat-tempat umum serta membatasi jam buka restoran. Warga juga memilih tidak keluar rumah sebagai upaya mencegah penyebaran flu babi.

Entry filed under: Luar Negeri. Tags: , , , .

Setiap Tahun, 500 Ribu Orang di Dunia Meninggal karena Flu Ferdian, Si Bocah Berkelamin Ganda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: