DPR akan Tinjau Ulang Seleksi Anggota KPK

03/05/2009 at 9:28 am Tinggalkan komentar

By Republika Newsroom

JAKARTA — Wakil Ketua Komisi III DPR, Suripto menimbang perlunya meninjuau ulang sistem seleksi anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Langkah tersebut dilakukan menyusul adanya dugaan keterlibatan Ketua KPK, Antasari Azhar dalam kasus pembunuhan terhadap Direktur  PT Rajawali Putra Banjaran (PRB), Nasrudin.

Dia menampik jika DPR salah besar dengan telah menyetujui memilih Antasari sebagai Ketua KPK.  Menurut dia, yang perlu dilakukan dewan saat ini adalah mengoreksi diri dalam menyeleksi calon anggota KPK. ”Tidak bisa dikatakan kesalahan besar bagi DPR karena (Antasari) masih diperiksa,” ujarnya kepada wartawan, Ahad (3/5).

Mengenakan baju batik warna oranye dipadu celana hitam, Suripto mendatangi Mapolda Metro Jaya sekitar pukul 12.00 WIB untuk menjenguk rekannya Sigit Haryo Wibisono. Dia menyebutkan, sampai saat ini belum ada rencana digelar fit and propper test penerimaan calon annggota KPK baru menyusul munculnya kasus yang melibatkan Antasari. Termasuk apakah calon anggota KPK pengganti tersebut adalah orang-orang yang pernah menjalani fit and propper test beberapa waktu lalu. ”Ini masih dibicarakan di DPR, karena memang belum diputuskan karena kejadiannya baru dua tiga hari ini,” ujarnya seraya menambahkan pihaknya sampai saat ini belum menerima surat penonaktifan Antasari sebagai Ketua KPK.

Menurutnya DPR sudah menekankan kepada seluruh anggota KPK agar menjalankan tugas secara independen. Jangan terpengaruh intervensi dari eksekutif, yudikatif atau pun legislatif. ”Waktu itu semua (anggota KPK) berjanji termasuk Antasari, ke depan DPR akan lebih berhati-hati menyeleksi anggota KPK.” – thr/man/ahi

Entry filed under: Dalam Negeri. Tags: , , , .

Antasari Bantah Kenal Rani Juliani Kamal al-Din al-Farisi Ahli Fisika dari Persia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: