Mantan Dekan FEUI Jadi Direktur Institusi Riset Islam

03/05/2009 at 6:41 am Tinggalkan komentar

By Republika Newsroom

DEPOK — Indonesia kembali menorehkan prestasi dengan dipercayanya putera bangsa, Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro menduduki jabatan sebagai Direktur IRTI (Islamic Research and Training Institute) di IDB (Islamic Development Bank).

Kepemimpinan di lembaga yang berdiri atas inisiatif dari organisasi konferensi Islam ini, diperoleh setelah menggungguli 13 kandidat lainnya dari berbagai negara.

Mantan Dekan Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia ke-13 ini merupakan direktur IRTI pertama yang berasal dari Indonesia, dimana sebelumnya posisi direktur IRTI diduduki oleh orang berkebangsaan Libya. Tugas strategis ini akan berlangsung selama tiga tahun dan dapat diperpanjang selama tiga kali. .

Jabatan yang diemban mulai April 2009, akan membuat Guru Besar FE UI ini bertanggung jawab untuk mengembangkan Islamic finance and development. Saat ditanya tentang visinya, Bambang menerangkan, ingin menjadikan IRTI lebih kredibel dan bisa memajukan IDB sekaligus perekonomian dunia. IRTI, terangnya, akan pro aktif dalam membuat Islam economy dan Islam finance agar menjadi lebih mudah diterima oleh masyarakat sebagai suatu sistem pendekatan ekonomi alternatif dibandingkan dengan sistem konvensional.
Lembaga yang beranggotakan lebih dari 50 negara ini, merupakan salah satu lembaga internasional yang cukup aktif memberikan pinjaman kepada negara anggota, menjadikan kehadiran Prof.Bambang diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam mencari jaringan kerjasama yang dapat dibina seperti yang diharapkan oleh Indonesia.

Pengaruhnya lainnya, terkait bidang pengembangan ekonomi dan keuangan Islam, IRTI dapat memberikan dukungan kepada pengembangan Islamic economy and finance di Indonesia. Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan perbaikan serta perkembangan ekonomi baik yang berbasis syariah dan non syariah dapat terwujud. – c84/ahi

Entry filed under: Islam. Tags: , , , , , .

Menimbang Peluang Hatta Antasari Minta Pemberantasan Korupsi Tak Kendur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: