Bola Koalisi PDIP di Prabowo

07/05/2009 at 1:35 pm Tinggalkan komentar

JAKARTA — Direktur Indo Barometer, M Qodari, berpendapat peluang dan prioritas koalisi PDIP saat ini memang tinggal hanya dengan Partai Gerindra. Meskipun, peluang dengan PAN dan PPP tetap terbuka. Pilihan terdrastisnya adalah PDIP tidak mengajukan calon Presiden (capres) dalam Pemilu Presiden.

”Kemungkinan tidak terduga bisa terjadi. Tapi kalau Mega (Megawati Soekarnoputri-red) sudah final menjadi capres, prioritas (cawapres) pertamanya adalah Prabowo (Prabowo Subianto dari Gerindra,red),” kata Qodari, Kamis (7/5). Kalau itu tidak bisa, ujar dia, barulah berusaha dengan PAN dan PPP.

Atau, imbuh Qodari, justru ada kemungkinan PDIP tidak mengajukan calon Presiden dalam pemilu Presiden mendatang ketika komunikasi dengan Prabowo gagal. ”Bolanya memang ada di tangan Prabowo,” ujar dia.

Menurut Qodari, berdasarkan perkiraan sementara hasil pemilu legislatif, realita yang akan berbicara dan meluluhkan Prabowo untuk tak bersikukuh menjadi capres. Ketika peluang dengan partai lain sudah tertutup, menurut dia, Prabowo hanya bisa berlaga di Pemilu Presiden jika bergabung dengan PDIP. Entah sebagai capres atau cawapres. ”Peluang Prabowo adalah sekarang atau tidak akan ada lagi sama sekali,” kata dia.
Sementara dengan PAN, ujar Qodari, kedatangan Hatta Radjasa ke kediaman Megawati, Rabu (6/5), juga harus dicermati. Menurut dia pertemuan itu bisa dalam konteks PAN, bisa juga terkait dengan kepentingan SBY. ”(Konteks) SBY ini masuk dalam kategori kemungkinan tak terduga yang bisa terjadi itu,” ujar dia.

Beragam informasi seputar koalisi PDIP terus beredar simpang siur. Selain dikabarkan akan ada lagi pertemuan tertutup Megawati dan Prabowo, berhembus kabar pula ada rencana pertemuan PDIP dengan kubu Partai Demokrat.

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengatakan pembicaraan antara PDIP dengan partainya saat ini memasuki tahapan penyelesaian. ”Masih berproses, dan sekarang masuk tahapan finishing,” kata dia, Kamis (7/5) petang.

Tetapi Muzani mengaku tidak terlibat langsung dalam proses komunikasi politik kedua partai itu. Dia tak mau berspekulasi apakah finishing itu artinya Prabowo sudah bersedia menjadi cawapres setelah Megawati dipastikan tetap menjadi capres PDIP. ”Terus terang saya tak tau detil. Saya tak mau spekulasi. Tugas saya adalah soal administrasi syarat capres dan cawapres, serta soal hasil pemilu legislatif,” kata dia.

Soal kepastian kapan rapat pimpinan nasional (rapimnas) Gerindra, Muzani mengatakan belum ada penentuan waktu yang baru. Rapimnas tersebut semula dijadwalkan digelar 6 Mei 2009. Tetapi dengan alasan fokus konsentrasi mereka masih pada hasil pemilu legislatif, rapimnas tersebut ditunda. ”Yang jelas setelah penetapan hasil pemilu legislatif oleh KPU. Di tanggal las-lasan lah,” sebut Muzani.

Sementara Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon, yang terlibat langsung dalam komunikasi politik dengan PDIP tidak bisa dihubungi telepon genggamnya. (Republika Newsroom)ann/ism

Entry filed under: Dalam Negeri. Tags: , , , , , , , , .

8 Jam Diperiksa, Antasari Dicecar 48 Pertanyaan [Mesin Gol Liga Champions] Siapa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: