Kaltim, Satu Guru Satu Laptop

05/06/2009 at 9:37 pm 4 komentar

kaltimKabar gembira bagi guru-guru yang berada di wilayah Kalimantan Timur. Pemerintah Provinsi bersama-sama dengan Kepala Dinas Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berencana akan memberikan bantuan laptop yang dilengkapi peralatan akses internet kepada sejumlah guru di daerah itu.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim, Syafruddin Pernyata, pemberian bantuan laptop ini rencananya akan diambilkan dari dana Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah  (APBD)Perubahan 2009. Pemberian ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pada sektor pendidikan, khususnya di Kalimantan Timur.

Pemberian bantuan laptop ini tentunya disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah provinsi. Di Kaltim saja jumlah guru seluruhnya 31.837, jika semuanya mendapatkan laptop tentunya anggaran tidak mencukupi. Oleh karena itu ke depannya wacana satu guru satu laptop dapat diwujudkan secara bertahap.

Lebih lanjut Syafruddin mengatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, dan Pemerintah Kota, pengelolaan Sekolah Berstandar Internasional (SBI) dan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) diserahkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi, terutama yang menyangkut soal gedung dan guru. Dengan demikian Pemprov Kaltim akan memprioritaskan pengadaan laptop untuk guru yang mengajar di RSBI dan SBI.
Saat ini terdapat 31 SBI dan RSBI yang tersebar di seluruh Kaltim dengan rincian SMK sebanyak 11 unit, SMA 7 unit, SMP 8 unit, dan SD unit. Tahun ini, guru sekolah-sekolah tersebut yang akan diprioritaskan mendapat laptop. Dari prioritas tersebut, yang paling diutamakan adalah guru yang mengajar di SMK, karena sekolah kejuruan harus memiliki kompetensi lebih dari sekolah lain.

Waaah senang juga ya bapak dan ibu guru yang ada di Kaltim, kepedulian Pemerintah daerah setempat terhadap pendidikan perlu diacungi jempol. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan laptop ini bapak ibu guru tidak gatek lagi. Apalagi dilengkapi dengan akses internet, guru-guru di Kaltim semuanya bisa menjadi guru go blog, jadi blogger semua neh.

Tapi harus diingat oleh pak Kepala Dinas, pemberian bantuan laptop ini harus juga dibarengi juga dengan pelatihan mengoperasikan komputer dan internet, supaya lebih efektif. Mudah-mudahan dengan laptop ini para guru bisa lebih meningkatkan kinerjanya, terutama kreatifitas pembelajarannya, sehingga lulusan-lulusan dari sekolah-sekolah di Indonesia bisa bersaing di dunia internsional.

Entry filed under: Dalam Negeri. Tags: , , , , , , , , , .

Mengenang Tragedi Tiananmen 20 Tahun Lalu 38 Anak Tewas Terpanggang di Meksiko

4 Komentar Add your own

  • 1. masedlolur  |  06/06/2009 pukul 11:27 am

    selamat! selamat!
    berbahagialah dengan rencana tsb
    semoga barokah
    dan ditiru oleh kepala daerah lainnya!!!

    Balas
    • 2. sunartoedris  |  07/06/2009 pukul 8:52 am

      amiiin…

      Balas
  • 3. wahyu  |  09/06/2009 pukul 9:24 pm

    Jika sudah siap membayarkan tunjangan 1 juta, dan menyerahkan laptopnya, baru beri kabar kepada para guru ( biar surprise gitu loh !!! ).

    Balas
  • 4. Umar  |  14/06/2009 pukul 7:46 am

    Dalam rangka memperingati 17 agustus/hari kemerdekaan…ada program gratisan nich…dapat 2 laptop gratis acer, advan, 100 usb 4 GB, 10 USB 8 GB, dan modem…proling…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: