Alutsista Buruk, TNI Bisa Kehabisan Prajurit Terlatih?

13/06/2009 at 7:48 am Tinggalkan komentar

Sabtu, 13 Juni 2009

pumaLagi-lagi alat utama sistem pertahanan (alutsista) milik TNI mengalami musibah. Kali ini kecelakaan menimpa pesawat helikopter Puma SA 330 dengan nomor registrasi H 3306 di lapangan rumput Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jumat (12/6) pukul 14.10.

Helikopter Puma yang sempat menjalani perbaikan selama lima jam dan satu kali tes kelaikan ini jatuh akibat terjadi kerusakan pada sistem kontrol dan auto pilot.

Helikopter buatan Perancis itu memiliki panjang M/R blade 7,5 meter, diameter putaran M/R 18.217 meter, lebar M/R blade 60 sentimeter, tinggi 4.535 meter, panjang pesawat dari nose 14.822 meter dan diameter putaran T/R 3.042 meter.

Helikopter multiguna ini memiliki kemampuan muat personel sepuluh orang VI/VVIP, dan 16 penumpang, kemampuan evakuasi empat pasien tidur dan dua duduk, jumlah awak pesawat VFR satu pilot, IFR 2 pilot, kemampuan muat barang 1.500 kg/di dalam kabin, berat kosong 4.200 kilogram, berat maksimum saat tinggal landas 7.400 kilogram dan bahan bakar AV JP-1.

Helikopter keluaran pabrik Turmomeca itu memiliki kecepatan jelajah 120 kts, kecepatan maksimum 167 Kts, maksimum ketinggian 16.500 kaki dan jarak terbang 270 mil laut.

lokasi kejadian

foto lokasi kejadian

Akibat kecelakaan tersebut pihak TNI AU telah memastikan, helikopter buatan 1977 itu sudah dalam status rusak permanen. Dijelaskan oleh Panglima Komando Operasi TNI AU Satu, Marsekal Muda Imam Safaat di RS Atang Sendjaja, Bogor, Jumat (12/6) petang bahwa helikopter Puma tersebut berstatus total loss. Artinya kondisi helikopter tersebut saat ini tidak dapat dioperasikan kembali.

Heli sempat terangkat ke udara dan terbang 200 meter sebelum menghujam di lapangan rumput dan menewaskan dua awak seketika. Kondisi pesawat rusak parah.

Sementara, lima korban lainnya langsung dilarikan ke RS Atang Sendjaja yang berada di sekitar lanud tersebut.

Berikut adalah nama-nama korban  berdasarkan data dari pihak RS Atang Sendjaja:

1. Mayor Penerbang Sobiq Fanani
2. Lettu Penerbang Wisnu
3. Letda Ronny
4. Serka Catur (tewas di tempat)
5. Serka Efran
6. Sertu Dodi (tewas di tempat)
7. Serka Ferdinand

Sebelumnya kecelakaan juga menimpa helikopter Bolkow BO-105 milik TNI Angkatan Darat yang jatuh di Desa Situhiang, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (9/6).

Saat itu seorang pengamat militer dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Andi Widjojanto, mengatakan, sejumlah kecelakaan bertubi-tubi yang menimpa alutsista TNI, yang merenggut korban jiwa, sangat merugikan. Kerugian itu tidak hanya berdasarkan jumlah dan nilai persenjataan yang rusak atau hancur, namun TNI akan kehilangan sumber daya manusia (SDM) yang terlatih dan profesional, seperti pilot dan awak pesawat, maupun helikopter dan personel pasukan khusus.

Menurut Andi, yang paling sulit digantikan adalah membentuk kembali pasukan berklasifikasi khusus, apalagi mereka yang pernah dikirim belajar ke luar negeri. ”Pembentukan pasukan komando butuh pelatihan selama enam bulan, ditambah berbagai program pelatihan khusus rutin yang diselenggarakan per tahun. Indeksnya, per prajurit komando membutuhkan biaya sedikitnya 300 dollar AS per hari,” ujarnya.

Andi memprihatinkan berulangnya sejumlah kecelakaan pesawat militer. Ini dapat berdampak buruk pada mental dan moral prajurit TNI secara keseluruhan. Proses demoralisasi terjadi sebab muncul anggapan keselamatan prajurit TNI sama sekali tidak diperhatikan.

Entry filed under: Dalam Negeri. Tags: , , , , , , , , , , , .

38 Anak Tewas Terpanggang di Meksiko Haah…! Putra Fidel Castro Kencani Seorang “Pria”?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translater

Kalender

Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

Waktu Sekarang

Ranking Blog

Peta Pengunjung


%d blogger menyukai ini: